11 Cara Ini Ampuh untuk Membuat Bayi Cepat Tidur di Malam Hari | POPAC 2020, Tempat Belajar Keluarga Milenial
  • baby /
  • cara membuat bayi tidur nyenyak dan tidak bergadang

11 Cara Ini Ampuh untuk Membuat Bayi Cepat Tidur di Malam Hari

Bikin si Kecil nyenyak saat malam, bisa cegah Mama jadi 'zombie' saat pagi hari

bayi-perempuan-4-c65353e957bf8078de89451e0e9786fa.jpg

Written by Ajeng Bahanawati

Share:

Selain makan, bayi sangat butuh tidur. Saat tidur, hormon pertumbuhan bekerja untuk merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, hingga mengatur metabolisme tubuh serta perkembangan otak bayi.

Hingga usia satu bulan, bayi butuh tidur sekitar 18 jam per hari. Masuk umur 2 bulan-1 tahun, jam tidur bayi akan berkurang menjadi 12-14 jam. Bayi, belum mengenal waktu siang dan malam, akibatnya ia sering terlalu lama tidur di siang hari dan terjaga saat malam. Kondisi ini yang sering membuat orangtua jadi seperti 'zombie'.

Selain mengatur jam tidur, berikut Popmama.com rangkum beberapa cara agar bayi tidur nyenyak di malam hari:

1. Tenangkan dengan membedong bayi

Pixabay/Pezibear

Bayi suka dengan udara yang hangat. Bayi juga masih sering terkejut sehingga mudah terbangun. Menggunakan bedong bisa mengatasi rasa dingin dan refleks kejut. Bedong membuat bayi serasa dipeluk dan segera tidur lagi saat terbangun. Pilihlah kain bedong yang lembut dan nyaman di kulit bayi atau kalau mau kekinian, Mama bisa pilih bedong instan yang sedang tren.

2. Mengurangi frekuensi mengganti popoknya

Freepik

Dokter anak menyarankan untuk mengurangi penggantian popok bayi terlalu sering di malam hari. Menjelang waktu tidur di malam hari, pakaikan bayi popok dengan daya serap tinggi dan antibocor sehingga waktu tidurnya maksimal.

Gantilah popok jika si Kecil buang air besar. Gunakan kapas atau tisu yang telah dibasahi air hangat, agar bayi tidak kaget karena sentuhan air dingin dan malah terjaga semalaman.

3. Tenangkan ruang dengan menggunakan white noise

Pixabay/TawnyNina

White noise adalah kombinasi suara dari berbagai frekuensi yang bisa 'menutupi' suara yang mengganggu, seperti suara orang berbicara, pintu yang dibuka, atau aktivitas lainnya.

White noise mengadopsi kondisi saat bayi dalam kandungan yang dikelilingi cairan ketuban. Saat itu bayi mendengar suara-suara di luar rahim seperti suara napas, detak jantung, suara mama saat berbicara atau menyanyi secara bersamaan.

White noise juga ampuh untuk menghentikan tangis bayi. Cara paling mudah untuk dilakukan dengan 'shushing', bisa juga dengan menyalakan kipas angin atau hairdryer. Saat ini ada juga alat khusus untuk menghasilkan suara white noise ini.

4. Pasang  musik lembut

Ilustrasi
Ilustrasi
Pixabay/maridam77

Alunan musik juga bisa membuat bayi tertidur pulas. Cobalah putar musik klasik yang lembut. Atur volume musik agar terdengar tetapi tidak bising. Bingung pilih musik yang mana? Coba putar lagu-lagu anak dari penyanyi Renee dan Jeremy.

5. Meredupkan lampu ruang tidur

pixabay/jchote

Gunakan cahaya redup saat bayi akan tidur. Cahaya redup akan membuat bayi tidur dengan mudah karena membuat mata rileks. Lampu redup juga bisa menjadi penanda tibanya waktu tidur. Tips untuk Mama, atur juga letak lampu sehingga kesehatan matanya terjaga.

6. Gunakan baby swing atau baby rocker

babycenter.com

Mama masa kini bisa menggunakan baby swing dan baby rocker agar bayi mudah tertidur. Getaran dan goyangan pada alat ini membuat bayi serasa diayun-ayun. Produk semacam ini juga dilengkapi dengan suara yang bisa membuat rileks sehingga ia tidur nyenyak sampai pagi. 

7. Menggendong dan mengayun si Bayi

Pexels/Laura Garcia

Saat si Kecil mulai gelisah, sebaiknya Mama menggendongnya dan mengayun-ayunkan badannya dalam pelukan. Cara ini bisa membuat bayi kembali tertidur nyenyak. Ayun bayi secara pelan dan lembut agar bayi merasa nyaman.

8. Memberikan teman tidur

Pixabay/Pezibear

Saat bayi tidur sendiri, berikan teman tidur. Pilih boneka kecil yang bisa ia pegang untuk menenangkannya. Jangan memberi boneka yang terlalu besar sebab bisa menyebabkan bayi terhalang napasnya jika boneka menutupi hidungnya. Ini bisa membuat bayi mengalami sindrom kematian saat tidur.

9. Membatasi waktu tidur siang

Pixabay/marvelmozhko

Buatlah jadwal aktivitas bayi saat siang, ajak ia bermain dan berbicara, juga jangan membuat bayi terlalu kenyang, karena akan membuatnya semakin mengantuk.

10. Buatlah kamar bayi sehangat mungkin

Pixabay/PublicDomainPictures

Udara yang dingin atau terlalu panas akan membuat bayi tidak nyaman. Atur suhu ruangan di angka 25-26°C. Suhu yang hangat akan membuat bayi tidur lebih nyaman.

11. Gunakan lampu tidur proyektor

Pexels/Ivone De Melo

Meletakkan lampu tidur proyektor dengan karakter animasi lucu atau bintang-bintang di kamar tidur bayi bisa menjadi alternatif untuk membuat bayi nyenyak tidur saat malam hari. Cahaya redup dari lampu dan pantulan gambar yang muncul mengisi beberapa bagian kamar sungguh menjadi pemandangan yang menenangkan.

Mama bisa coba lakukan berbagai cara ini untuk membuat bayi tidur nyenyak di malam hari. Mungkin salah satunya cocok bagi si Kecil dan membuatnya tidur dengan nyenyak sampai pagi.

Baca juga;

Class

Class Schedule

asian-1294104-1280-60c6dbe9ae49a5e5a3adf15546ca4e9c.png
28 Sep, 13.00 Wib
Testing Popac 2021 yang kedua
Speakers: dr. Uf Bagazi, SpOG
baby-health-655534c3e4f396bd06f6748dbbe8c598.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Testing Popac 2021
Speakers: Sandra
kelas-ligwina-809e47230d6ebbc2e1b3d7afb78956d1.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Live: Trik Belanja Cermat dan Hemat agar Masa Depan Keuangan Terjamin
Speakers: Ligwina Hananto

Bussiness Development

Niken

0811 8022 785

niken.andani@idntimes.com

Media Relations & Partnership

Saraya

0812 1886 2176

saraya.adzani@idntimes.com