Seru! Ajak Anak Melakukan 7 Jenis Pekerjaan Rumah Tangga Berikut Ini | POPAC 2020, Tempat Belajar Keluarga Milenial
  • big kid /
  • ajak anak melakukan pekerjaan rumah tangga

Seru! Ajak Anak Melakukan 7 Jenis Pekerjaan Rumah Tangga Berikut Ini

Inilah saat yang tepat melatih kemandirian dan rasa tanggung jawab anak

mama-s-dochkoy-v-perchatkah-duyut-na-penu-1-826b8029df9db3f10726ac6f6f703d00.jpg

Written by Astri Diana

Share:

Melibatkan anak dalam aktivitas membersihkan rumah ternyata menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Selain dapat meringankan pekerjaan, mengikutsertakan anak dalam aktivitas ini akan membuat dia merasa lebih dipercaya, sekaligus melatih rasa tanggung jawab serta kemandiriannya. Namun jangan sampai memaksanya ya, Ma.

Sebelum memulai kegiatan, sebaiknya diskusikan dulu kegiatan apa yang ingin dia lakukan. Sesuaikan aktivitas dengan usia anak. Berikan tugas yang ringan seperti melipat selimut atau merapikan mainan pada anak usia balita. Sedangkan tugas yang lebih menantang, seperti menyapu atau mencuci sudah mulai bisa dikenalkan pada anak di atas lima tahun.

Jangan lupa memberi contoh terlebih dulu agar anak bisa melakukannya dengan benar. Setelah itu ingatkan anak untuk selalu mencuci tangan usai beraktivitas. Lakukan kegiatan ini secara rutin agar anak terbiasa melakukannya.

Jangan pernah memaksanya, apalagi memarahinya ketika hasil pekerjaan tidak sesuai dengan harapan Mama. Apresiasi apa yang telah dilakukannya, dengan begitu ia akan merasa bangga pada dirinya dan bersemangat untuk melakukannya lagi keesokan harinya.

Kegiatan bebersih apa saja yang bisa dilakukan oleh anak? ini dia daftar kegiatannya.

1. Membersihkan kamar tidur

cloisteredaway.com

Merapikan kamar tidur merupakan aktivitas bersih-bersih yang sudah mulai bisa Mama ajarkan sejak anak berusia 2 tahun.

Kegiatan yang paling mudah tentu saja melipat selimut atau meletakkan bantal dan guling ke posisi semula. Sedangkan untuk anak di atas 5 tahun, Mama bisa mengarahkannya untuk merapikan seprei dan menyapu lantai di area kamar, dan bertanggung jawab atas kerapihan kamarnya sendiri.

2. Merapikan mainan

bobvila.com

Tugas paling sederhana yang bisa dikerjakan anak adalah merapikan mainannya sendiri. Kegiatan ini bahkan bisa dikerjakan oleh anak usia 2 tahun.

Beri arahan yang jelas tentang pengelompokkan mainan berdasarkan fungsinya, misalnya meletakkan buku-buku cerita di rak buku atau memasukkan mainan berupa mobil-mobilan ke dalam boks.

3. Mencuci baju

sheknows.com

Proses mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci akan lebih memudahkan anak untuk membantu mengerjakan tugas mencuci.

Mama bisa mengajarkannya untuk memilah jenis pakaian berdasarkan warna atau bahan tertentu. Kemudian biarkan ia memasukkan sabun dan memutar waktu pencuciannya. Namun jika tidak menggunakan mesin cuci, maka yang bisa dilakukan oleh si Anak adalah menjemur pakaian. 

4. Melipat dan menyimpan baju

thespruce.com

Libatkan anak mama dalam proses menyetrika pakaian. Ajari dia untuk melipat pakaian dalam dan menyimpan baju yang telah disetrika ke dalam lemari pakaian.

Kegiatan ini sangat baik untuk melatih motorik halus anak, jadi Mama bisa mulai mengajarkannya sejak ia berusia 2 tahun. Di usia 6 tahun, berikan wewenang kepada anak untuk menata lemari pakaiannya sendiri. 

5. Menyiram tanaman

floradania.dk

Mama suka memelihara tanaman? Nah, biarkan si Anak membantu Mama merawat tanaman. Salah satu cara paling mudah yang bisa ia lakukan adalah menyiram tanaman.

Jangan lupa memberi tahu dia jenis tanaman apa saja yang memerlukan banyak air dan jenis tanaman yang justru tidak boleh disiram air terlalu banyak.

Selain itu, Mama juga bisa mengajak anak memotong rumput bersama. Kegiatan ini akan terasa seru jika dilakukan bersama.

6. Membersihkan kaca

wimp.com/HouseLogic

Kegiatan berikutnya yang bisa dilakukan oleh anak adalah membersihkan kaca. Berikan lap bersih dan cairan pembersih kaca kepada anak. Kemudian instruksikan bagian mana saja yang boleh dibersihkan, misalnya kaca jendela, kaca cermin atau kaca lemari pakaian. Ingatkan dia untuk mencuci tangan usai beraktivitas.

7. Menyapu

30seconds.com

Jika anak mama senang eksplorasi, maka berikan ia tugas menyapu lantai. Tugas ini memberikan kesempatan baginya untuk mengeksplor tiap sudut rumah sambil membantu Mama membersihkan lantai.

Selain menyapu, Mama juga bisa mengajarkan ia cara menyedot debu pada karpet dan sofa menggunakan vacuum cleaner. anak mama pasti suka!

Selamat membereskan rumah, Ma!

Baca juga:

Class

Class Schedule

kelas-ligwina-809e47230d6ebbc2e1b3d7afb78956d1.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Live: Trik Belanja Cermat dan Hemat agar Masa Depan Keuangan Terjamin
Speakers: Ligwina Hananto
tips-dan-trik-keluarga-sehat-di-tengah-pandemi-dengan-olahraga-bersama-81471177a7d828b457958db357c8e32b.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Live: Tips dan Trik Keluarga Sehat di Tengah Pandemi Dengan Olahraga Bersama
Speakers: Hilyani Hidranto
metode-terapi-kesuburan-dan-efektivitasnya-untuk-medapat-keturunan-315d27a7a9cb1251c0c0e71df6dace23.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Metode Terapi Kesuburan dan Efektivitasnya untuk Mendapat Keturunan
Speakers: dr. Caroline Tirtajasa SpOG(K)

Bussiness Development

Niken

0811 8022 785

niken.andani@idntimes.com

Media Relations & Partnership

Saraya

0812 1886 2176

saraya.adzani@idntimes.com