Tetap Sehat, 8 Makanan yang Harus Dikonsumsi Anak Selama Musim Hujan | POPAC 2020, Tempat Belajar Keluarga Milenial
  • big kid /
  • makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari anak selama musim hujan

Tetap Sehat, 8 Makanan yang Harus Dikonsumsi Anak Selama Musim Hujan

Perhatikan juga makanan yang harus dihindari ya, Ma!

funny-kids-snack-255424-788jpg-ede4b722c6702f381001964f743aed47.jpg

Written by Jemima Karyssa Rompies

Share:

Musim hujan adalah waktu yang banyak disukai anak-anak, bermain hujan, suara hujan yang menenangkan, bahkan basah kuyup saat hujan bisa sangat menyenangkan, terutama bagi anak-anak.

Namun, terlepas dari semua itu, perubahan cuaca yang dapat terjadi secara tiba-tiba, dapat membawa segala jenis kuman penyebab infeksi dan penyakit.

Dengan memastikan anak mengikuti pola makan yang sehat, kekebalan tubuhnya akan meningkat. Beberapa makanan dapat meningkatkan kekebalan anak selama musim hujan, tetapi juga ada makanan yang perlu dihindari selama musim hujan karena menyebabkan penyakit tertentu.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan beberapa informasi seputar makanan yang harus anak konsumsi dan hindari saat musim hujan, yang diharapkan dapat membantu Mama mencegah si Kecil jatuh sakit di musim hujan.

Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Musim Hujan

Menjaga pola makan yang sehat berarti menyajikan makanan-makanan yang berkualitas dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Beberapa makanan yang kaya nutrisi perlu dikonsumsi selama musim hujan agar menjauhkan anak dari penyakit. Makanan apa saja yang harus dikonsumsi?

1. Bawang putih

Freepik/Racool_studio

Bawang putih mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan, dan juga mengatur metabolisme tubuh. Bawang putih sangat serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai makanan untuk menambah rasa dan bumbu.

Menambahkan 1 sdt saus bawang putih saat makan adalah salah satu cara untuk memasukkan manfaat bawang putih ke dalam makanan anak.

Saus bawang putih dapat dibuat secara sederhana dan menghasilkan rasa lezat, dan anak mama dapat menyukainya. Sesuaikan banyaknya bumbu tambahan dalam sambal sesuai dengan usia si Kecil, karena terlalu banyak bumbu juga tidak baik untuk anak balita.

2. Kunyit

Freepik/Tascha1

Bumbu penambah kekebalan  ini adalah sesuatu yang harus dimasukkan dalam makanan si Kecil. Kunyit memiliki komponen yang sangat kuat yang disebut "kurkumin" yang membuatnya menjadi antioksidan yang baik.

Mama dapat memberikan anak teh kunyit atau susu kunyit sebelum tidur untuk membantunya tidur lebih nyenyak, dan juga meningkatkan peluangnya melawan infeksi yang memengaruhi sistem kekebalannya.

3. Pare

Freepik/lifeforstock

Tahukah Mama bahwa pare memilik manfaat yang tinggi bagi kesehatan anak? Pare memiliki kandungan anti bakteri, anti jamur, anti inflamasi, dan anti virus.

Namun, memberikan pare kepada anak merupakan tantangan yang cukup besar, tetapi sifat kesehatannya yang tidak dapat diabaikan, terutama pada risiko kemungkinan sakit yang jauh lebih rendah.

Pare juga sangat dikenal untuk membantu masalah pernapasan.

4. Buah musiman

Freepik/Xb100

Buah-buahan yang datang pada musim hujan dikemas dengan antioksidan yang akan membantu anak dalam melawan penyakit apa pun. Buah-buahan seperti lengkeng, ceri, persik, dan plum adalah beberapa buah yang harus dipertimbangkan untuk diberikan saat musim hujan.

Delima, apel, pisang, pir, dan pepaya adalah buah-buahan lain yang dapat Mama masukkan ke dalam menu makanan anak. Buah-buahan tersebut penuh dengan Vitamin C, antioksidan, dan memiliki banyak khasiat lain yang akan membantu anak melawan infeksi apapun.

5. Sup

Freepik/stockking

Sup panas saat hujan membuat siapapun merasa hangat dan nyaman, tidak terkecuali anak mama. Sup tidak hanya membawa kehangatan yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah kedinginan, tetapi juga merupakan salah satu makanan yang tepat untuk diberikan jika anak sedang sakit.

Sup sayuran atau sup ayam dengan sayuran yang lezat dan disukai anak bisa menghasilkan keajaiban di musim hujan ini.

6. Buah kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian

Freepik/azerbaijan_stockers

Kacang almond, kenari, dan kacang mede adalah camilan sehat yang bisa diberikan pada anak untuk mengunyah. Biji-bijian, seperti wijen dan rami juga merupakan tambahan yang tepat.

Sedangkan buah-buahan kering seperti kurma dan kismis juga baik untuk anak. Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat dipanggang untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda.

7. Akar bit

Freepik/Valeria_aksakova

Bit terdiri dari vitamin, mineral, kalium, dan asam folat. Sayuran yang hidup ini sangat sehat dan membantu mendetoksifikasi tubuh. Meskipun sayur-sayuran mungkin sedikit membosankan bagi anak, ia tetap perlu merasakan semangat dan stamina setelah makan sayuran sehat ini.

8. Tahu

Freepik/Jcomp

Tahu kaya akan kalsium, zat besi, dan asam amino esensial, yang dapat melengkapi diet sehat dan mampu membuat perbedaan dalam kesehatan anak secara keseluruhan. Tahu adalah pilihan yang tepat untuk ditambahkan dalam menu makanan anak sebagai pengganti produk susu selama musim hujan.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan

Setelah mengetahui makanan apa saja yang harus di konsumsi, Mama juga perlu mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari selama musim hujan karena bisa berdampak pada kesehatan anak.

1. Makanan berminyak dan gorengan

Freepik

Makanan yang digoreng dan makanan lain yang mengandung banyak minyak bisa sangat tidak sehat karena memperlambat saluran pencernaan.

Selama musim hujan, sangat penting untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat. Makanan yang digoreng memang sulit untuk dihentikan, tetapi mengurangi porsi makanan berminyak penting jika Mama ingin menjaga kesehatan anak pada musim ini.

2. Permen Es

Freepik/Dashu83

Beberapa penjual yang tidak bertanggung jawab mungkin membuat permen es menggunakan air yang tidak dimurnikan. Jika anak sangat menyukai es permen, Mama dapat membuat es permen buatan sendiri untuknya daripada membiarkan anak mendapatkan es permen yang terkontaminasi air tidak bersih.

3. Ikan dan makanan laut lainnya

Freepik/lifeforstock

Tidak hanya ikan dapat berubah menjadi buruk di musim hujan yang lembab, tetapi musim hujan juga merupakan waktu di mana sebagian besar jenis ikan berkembang biak. Mengonsumsi ikan saat musim hujan dapat berdampak pada rasa dan kualitas ikan yang didapatkan.

4. Makanan asin

Freepik/8photo

Selama musim hujan, mengonsumsi makanan asin meningkatkan kemungkinan retensi air dan kelesuan pada anak. Jadi, disarankan untuk menggunakan garam secukupnya. Meskipun anak tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak garam, berikan perhatian khusus saat cuaca lembab.

5. Mangga

Freepik/Topntp26

Buah segar ini adalah salah satu yang perlu dihindari di musim hujan karena menyebabkan jerawat, masalah kulit, dan masalah pencernaan selama musim ini. Risikonya meningkat jika anak mama sudah rentan terhadap masalah kulit dan pencernaan.

Penyebab utama yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah tingginya hormon androgen dalam tubuh dan sekresi insulin. Buah mangga mengandung indeks glikemik yang dapat membuat kadar gula darah dan insulin meningkat.

Akan tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit tidak bermasalah karena kandungan vitamin C di dalamnya yang baik untuk imunitas anak. Cukup perhatikan jumlah yang dikonsumsi anak, jangan sampai berlebihan ya.

6. Beberapa produk susu

Freepik/Wertinio

Meskipun minum susu diperbolehkan selama musim hujan, produk susu lainnya bisa rusak dengan sangat cepat dalam iklim ini. Nilai gizinya juga bisa terpengaruh.

Selalu periksa apakah produk olahan susu yang akan Mama gunakan masih bagus sebelum digunakan, agar kualitasnya tetap aman.

7. Minuman ringan

Freepik/topntp26

Minuman bersoda mengurangi jumlah mineral dalam tubuh kita, yang menyebabkan penurunan aktivitas enzim.

Artinya, jika anak mengonsumsi minuman ringan, sistem pencernaannya yang masih berkembang berisiko mengalami gangguan pencernaan selama musim hujan, dan pada akhirnya memperbesar peluangnya untuk jatuh sakit.

8. Salad dan buah mentah

Pixabay/JillWellington

Mama mungkin terkejut ketika mengetahui buah dan sayuran bisa berdampak buruk. Sayur dan buah memang sangat baik untuk tubuh.

Namun, selama musim hujan, buah-buahan dan sayuran akan tertutup lebih banyak kotoran dan lumpur dari biasanya, dan mungkin akan sangat sulit untuk membersihkan semuanya.

Ini tidak berarti anak harus berhenti memakannya, tetapi pastikan Mama mencucinya dengan benar dan menyajikannya dalam bentuk shake, jus, atau sayuran kukus, bukan salad mentah.

Hindari godaan untuk mendapatkan jus buah segar di tempat yang tidak bertanggung jawab, karena mereka mungkin telah memotong buahnya beberapa waktu yang lalu, dan ini akan membuat buah-buahan yang digunakan terkena kontaminasi.

Nah itulah beberapa makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari selama musim hujan. Sebaiknya, hindarilah makan di luar dan memberi anak makanan yang dibuat di rumah. Ini juga akan membuat anak merasa terhibur dan dicintai.

Pastikan untuk selalu menjaga anak agar terhidrasi dengan baik dengan air bersih dan segar karena bisa tercemar saat musim hujan. Air sangat penting bagi tubuh karena membantu memperkuat organ dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Menerapkan kebiasaan pola makan sehat serta minum air secara rutin, dapat membantu anak lebih kuat, dan mampu melawan kuman jahat saat musim hujan. Semoga informasinya bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Class

Class Schedule

kelas-ligwina-809e47230d6ebbc2e1b3d7afb78956d1.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Live: Trik Belanja Cermat dan Hemat agar Masa Depan Keuangan Terjamin
Speakers: Ligwina Hananto
tips-dan-trik-keluarga-sehat-di-tengah-pandemi-dengan-olahraga-bersama-81471177a7d828b457958db357c8e32b.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Live: Tips dan Trik Keluarga Sehat di Tengah Pandemi Dengan Olahraga Bersama
Speakers: Hilyani Hidranto
metode-terapi-kesuburan-dan-efektivitasnya-untuk-medapat-keturunan-315d27a7a9cb1251c0c0e71df6dace23.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Metode Terapi Kesuburan dan Efektivitasnya untuk Mendapat Keturunan
Speakers: dr. Caroline Tirtajasa SpOG(K)

Bussiness Development

Niken

0811 8022 785

niken.andani@idntimes.com

Media Relations & Partnership

Saraya

0812 1886 2176

saraya.adzani@idntimes.com