Live: Tips dan Trik Keluarga Sehat di Tengah Pandemi Dengan Olahraga Bersama | POPAC 2020, Tempat Belajar Keluarga Milenial
CLASS / DAY 6
, - WIB

Live: Tips dan Trik Keluarga Sehat di Tengah Pandemi Dengan Olahraga Bersama

Speakers: Hilyani Hidranto

side-view-mother-exercising-along-with-child-home-23-2148492534jpg-b8612c7ac665ca9372aa75239e9a0330.jpg

Written by Ninda Anisya

Share:

Terhitung sejak bulan Maret atau sudah delapan bulan lalu, masyarakat Indonesia dianjurkan untuk melakukan segala aktivitas mereka dari rumah. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 yang setiap harinya semakin bertambah.

Meskipun di rumah saja, kesehatan keluarga tentu menjadi hal utama. Selain mengonsumsi makanan yang berizi, olahraga dibutuhkan sebagai pelengkap agar tubuh tetap bugar dan kekebalan imunitas tubuh pun terjaga.

Namun kenyataannya, saat pandemi justru banyak orang yang terlena menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan. Tak jarang banyak orang melupakan olahraga yang sebenarnya sangat penting di masa seperti saat ini.

Tetap dilakukan di rumah, kamu bisa melakukan olahraga lebih menyenangkan dengan mengikutsertakan anggota keluarga lain untuk melakukannya secara bersama.

Hilyani Hidranto selaku Instruktur Pound Fit telah membagikan tips olahraga bersama keluarga dalam live streaming event Popmama Parenting Academy (POPAC) 2020 pada Sabtu (03/10/20) dengan judul Tips dan Trik Keluarga Sehat di Tengah Pandemi dengan Olahraga Bersama.

Nah, agar kamu dan keluarga tetap sehat selama pandemi, berikut Popmama.com telah merangkum tips dan trik yang telah dibagikan oleh Hilyani. Catat dan terapkan bersama keluarga di rumah, yuk!

1. Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh

Agar tubuh tetap fit selama pandemi, olahraga menjadi kunci penting yang bisa kamu dan keluarga lakukan selama di rumah saja. Dengan rutin berolahraga, ada banyak manfaat yang bisa didapat. Salah satunya menguatkan sistem imun tubuh, telebih di masa seperti saat ini.

Hal ini sejalan dengan yang ditegaskan oleh Hilyani dalam event POPAC 2020, yang mana ia mengatakan, "Di masa pandemi seperti ini, di mana virus lagi ada di mana-mana, itulah kita harus lebih rajin olahraga supaya imunitas dan kekebalan tubuh kita lebih kuat."

Selain untuk kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit yang akan terjadi dikemudian hari, olahraga menurut Hilyani juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan juga mengubah suasana hati.

Saat masa pandemi di rumah saja kamu merasa bosan atau stres, coba olahraga ringan yuk! Sebab saat olahraga, tubuh akan mengeluarkan horman endorfin yang membuat kita merasa lebih tenang dan senang. 

2. Olahraga yang bisa dilakukan bersama keluarga

Pixabay/Vnukko

Sebagai instruktur olahraga pound fit, Hilyani menyarankan cabang olahraga satu ini untuk kamu dan keluarga di rumah. Olahraga satu ini juga bisa lho kamu ikuti di rumah dengan kelas online yang saat ini sudah banyak tersedia.

Selain pound fit, olahraga yang Hilyani sarankan untuk kamu lakukan bersama keluarga di rumah adalah zumba. Untuk membuat olahraga lebih menyenangkan dan tak membosankan, kamu bisa mengikutsertakan anak untuk mencoba zumba.

Hal ini tentu dapat membantu anak-anak untuk membuat tubuhnya tetap aktif bergerak dan meningkatkan kekebalan tubuh mereka. Jadi nggak cuma diri sendiri yang tetap bugar, anak pun akan merasakan hal yang sama.

Nah, jika zumba terlalu sulit dilakukan bersama keluarga atau anak di rumah, Hilyani menyarankan olahraga ringan dengan jalan kaki di pagi hari. Selain membuat tubuh aktif bergerak, jalan kaki di pagi hari juga membuat tubuh terkena sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan. 

Eits! Tetap ingat untuk menjaga jarak aman dan selalu menggunakan masker ya saat melakukan olahraga ringan satu ini. Kamu cukup berkeliling sekitaran rumah selama beberapa menit, yang terpenting tubuh tetap bergerak dan terkena paparan sinar matahari pagi.

3. Waktu terbaik olahraga

freepik.com/freepik

Sebenarnya tak ada waktu terbaik untuk olahraga, kamu bisa melakukannya kapan pun dengan menyesuaikan waktu luang yang kamu miliki. Namun di tengah pandemi ini, tentu waktu kita 24 jam banyak dihabiskan di rumah, jadi kamu bisa melakukan olahraga minimal tiga puluh menit atau satu jam sehari.

"Tapi jangan setiap hari juga, harus ada satu hari di mana kita benar-benar istirahat. Biar badannya juga istirahat, bisa di refresh lagi," ujar Hilyani menambahkan.

Jadi dalam seminggu, minimal kamu dan keluarga rutin melakukan olahraga sebanyak tiga kali dan minimal dilakukan tiga puluh menit sampai satu jam per harinya. Waktu ini dirasa Hilyani adalah waktu yang tepat untuk olahraga selama di rumah saja.

4. Perlukah membeli peralatan olahraga selama di rumah?

freepik/jcomp

Selama pandemi, studio olahraga pun banyak yang terpaksa tutup untuk memberhentikan mata rantai penyebaran Covid-19. Tutupnya studio olahraga bisa jadi membuat banyak orang merasa tak bisa olahraga karena kurangnya peralatan yang memadai di rumah.

Hilyani menegaskan, "Nggak semua alat harus dibeli." Kamu bisa juga memanfaatkan alat yang ada di rumah untuk olahraga ringan. JIka terpaksa membeli, Hilyani menyebutkan bahwa dumble 1 kg sudah cukup, kok!

Terlebih di era teknologi seperti saat ini, kamu dan keluarga juga bisa memanfaatkan video online untuk melakukan olahraga bersama tanpa perlu biaya mahal. Tentunya ini bisa dilakukan dari rumah dan bisa dilakukan bersama anak juga lho!

5. Tips olahraga bersama keluarga

Freepik/pressfoto

Selanjutnya Hilyani juga membagikan tips yang bisa kamu dan keluarga coba untuk memulai olahraga di rumah selama pandemi, berikut diantaranya:

  • Jangan takut mencoba. Kamu bisa mencoba terlebih dahulu ragam cabang olahraga yang tersedia, dari situ kamu bisa menentukan olahraga apa yang kamu suka dan bisa terus ditekuni.
  • Mengikuti kelas online. Ada banyak kelas online yang yang saat ini bisa kamu ikuti. Kamu bisa pilih jenis olahraga online apa yang akan diikuti.
  • Menonton video olahraga secara online. Jikamerasa kelas online mengeluarkan cukup biaya, kamu bisa kok mengikuti olahraga online secara gratis melalui YouTube. Ada banyak pilihan video olahraga yang bisa kamu pilih dan ikuti selama pandemi di rumah saja.
  • Janjian sama teman. Agar olahraga online lebih semangat, kamu juga bisa mengajak teman atau keluarga lain dengan melakukan panggilan video bersama. Tentunya cara ini bisa membuat kamu lebih semangat karena melakukannya bersama.
  • Beli alat seperlunya. Seperti penjelasan Hilyani dipoin sebelumnya, usahakan membeli peralatan olahraga seperlunya ya! Kamu cukup memanfaatkan alat yang ada di rumah untuk melakukan olahraga ringan, yang terpenting tubuh tetap aktif bergerak.
  • Keluar sekitar rumah. Jika bosan dengan kegiatan olahraga indoor, kamu juga bisa olahraga outdoor. Cukup berjalan kaki disekitaran rumah saja dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada ya!
  • Couple yoga. Nah, tips terakhir juga nggak kalah penting bagi kamu dan pasangan. Selain penting untuk kesehatan tubuh, melakukan olahraga bersama pasangan juga dapat meningkatkan hubungan antara suami dan istri.

Nah, itu dia tips dan trik yang bisa kamu terapkan di rumah bersama keluarga. Semoga informasi di atas dapat membantu dan tetap jaga kesehatan kamu serta keluarga di rumah ya!

Baca juga:

Class

Class Schedule

asian-1294104-1280-60c6dbe9ae49a5e5a3adf15546ca4e9c.png
28 Sep, 13.00 Wib
Testing Popac 2021 yang kedua
Speakers: dr. Uf Bagazi, SpOG
baby-health-655534c3e4f396bd06f6748dbbe8c598.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Testing Popac 2021
Speakers: Sandra
kelas-ligwina-809e47230d6ebbc2e1b3d7afb78956d1.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Live: Trik Belanja Cermat dan Hemat agar Masa Depan Keuangan Terjamin
Speakers: Ligwina Hananto

Bussiness Development

Niken

0811 8022 785

niken.andani@idntimes.com

Media Relations & Partnership

Saraya

0812 1886 2176

saraya.adzani@idntimes.com