5 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Program Hamil | POPAC 2020, Tempat Belajar Keluarga Milenial
  • pregnancy /
  • rekomendasi suplemen asam folat untuk program hamil

5 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Program Hamil

Asupan asam folat yang cukup dapat membantu program hamil, Ma

img-02032020-102416-800-x-420-piksel-06b075a8caea61aa08e34c6e2706a9be.jpg

Written by Sysilia Tanhati

Share:

Asam folat untuk merupakan satu jenis vitamin yang memiliki banyak manfaat. Saat menjalankan program hamil, asam folat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Sehingga sangat penting untuk dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan karena dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi. Selain itu, asam folat juga diyakini dapat menurunkan risiko terjadinya keguguran.  

Untuk program hamil, asam folat diketahui dapat memengaruhi fungsi ovarium, implantasi, pembentukan embrio dan keseluruhan proses kehamilan. Suplemen yang mengandung myo-inositol, asam folat, dan melatonin membantu meningkatkan kualitas sel telur dan fungsi ovarium.

Jumlah asupan asam folat yang direkomendasikan untuk wanita yang sedang menjalani program hamil adalah sekitar 400 mikrogram setiap harinya. Sebaiknya Kamu memerhatikan asupan asam folat sebulan sebelum masa konsepsi atau pembuahan. Kamu bisa memenuhi asupan asam folat melalui makanan dan suplemen.

Sebelum memilih suplemen asam folat yang tepat, simak dulu ulasan Popmama.com mengenai rekomendasi suplemen asam folat untuk program hamil berikut ini:

1. Folavit

bukalapak.com

Folavit adalah suplemen dengan kandungan utama asam folat atau vitamin B9. Suplemen ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan asam folat.

Suplemen ini bisa dikonsumsi setiap hari hingga menginjak usia kehamilan tiga bulan.

Dibandingkan asam folat lainnya yang dikemas di dalam botol kaca, Folavit memiliki harga yang lebih terjangkau. Meski lebih murah, kandungannya sama bagusnya dengan merek lain.

Folavit dapat dibeli per lembar (10 butir), sehingga cocok untuk Mama yang ingin mencoba namun tidak ingin membeli terlalu banyak.

Harga: Rp 9.900/ 10 butir

2. Sundown Naturals Folic Acid

Amazon.com

Dalam satu kemasan suplemen ini terdapat 350 tablet, sehingga dapat dikonsumsi dalam periode waktu yang lebih lama. Suplemen ini cocok untuk memenuhi kebutuhan asam folat mama saat program hamil maupun ketika sedang mengandung.

Suplemen ini tidak hanya memiliki kandungan asam folat tapi juga dilengkapi dengan omega 3.

Konsumsi Sundown Naturals Folic Acid secara rutin selama hamil juga membuat Mama tidak cepat lelah, lho.

Harga: Rp 135.000 – Rp 256.000

3. Now Foods Folic Acid

Tokopedia.com

Produk ini telah memiliki sertifikat Good Manufacturing Practice (GMP), sehingga kualitas bahan baku dan proses pembuatannya tidak perlu diragukan lagi.

Now Foods Folic Acid merupakan suplemen asam folat yang sangat penting untuk program hamil. Selain asam folat, suplemen juga mengandung vitamin B12.

Asam folat bermanfaat untuk sintesis DNA dan perbaikan genetik, serta membuat pasokan yang cukup penting untuk membagi sel dengan cepat, seperti sel darah merah.

Asam folat juga diperlukan untuk sintesis methionine dari homosistein dan dapat berkontribusi pada fungsi sehat dari kedua sistem kardiovaskular dan saraf.

Harga: Rp 180.000

4. Afolat

Tokopedia.com

Afolat merupakan suplemen yang mengandung asam folat. Suplemen ini digunakan sebagai penunjang untuk wanita yang sedang dalam program hamil, ibu hamil, ibu menyusui, serta dapat digunakan sebagai terapi penunjang pada pengobatan anemia megaloblastik.

Asam folat dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan DNA, sebagai kofaktor vitamin B12 yang berfungsi penting dalam pembentukan sel darah. Asam folat juga berfungsi menormalkan kembali homosistein yang tinggi. Beragam fungsi tersebut sangat dibutuhkan sebagai penunjang kesehatan ibu hamil dan janinnya. Terutama pada trisemester pertama kehamilan.

Harga: Rp 2.100 - Rp 7.200

5. Anelat

Tokopedia.com

Anelat mengandung zat aktif asam folat. Suplemen ini disarankan untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan hingga selama 12 minggu pertama kehamilan. Manfaatnya untuk membantu mencegah cacat tabung saraf lahir seperti spina bifida dan cacat bawaan lain.

Selain itu, konsumsi Anelat juga dapat mengatasi defisiensi asam folat, anemia megaloblastik, dan anemia karena kekurangan suplemen nutrisi, serta mengatasi kondisi lain seperti penyakit hati pada pasien yang mengonsumsi alkohol berlebih.

Harga: Rp 2.500

Nah, itulah lima rekomendasi suplemen asam folat untuk program hamil. Sebelum mengonsumsi, pastikan Mama berkonsultasi dengan dokter mengenai suplemen yang tepat.

Baca juga:

Class

Class Schedule

kelas-ligwina-809e47230d6ebbc2e1b3d7afb78956d1.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Live: Trik Belanja Cermat dan Hemat agar Masa Depan Keuangan Terjamin
Speakers: Ligwina Hananto
tips-dan-trik-keluarga-sehat-di-tengah-pandemi-dengan-olahraga-bersama-81471177a7d828b457958db357c8e32b.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Live: Tips dan Trik Keluarga Sehat di Tengah Pandemi Dengan Olahraga Bersama
Speakers: Hilyani Hidranto
metode-terapi-kesuburan-dan-efektivitasnya-untuk-medapat-keturunan-315d27a7a9cb1251c0c0e71df6dace23.jpg
28 Sep, 13.00 Wib
Metode Terapi Kesuburan dan Efektivitasnya untuk Mendapat Keturunan
Speakers: dr. Caroline Tirtajasa SpOG(K)

Bussiness Development

Niken

0811 8022 785

niken.andani@idntimes.com

Media Relations & Partnership

Saraya

0812 1886 2176

saraya.adzani@idntimes.com